Gegap Gempita, Kafilah Bintan Usung Tema "Islam di Laut Melayu" Pada Pawai Ta'aruf STQH ke-X Kepri






 

MC Bintan - Kafilah Kabupaten Bintan tampil dengan penuh warna saat mengikuti Pawai Ta'aruf Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) ke-X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (09/05) di sepanjang ruas jalan Coastal Area Tanjung Balai Karimun. Berjumlah 600 orang, Kafilah Bintan mengusung tema "Islam di Laut Melayu".

Hal itu terlihat dari kendaraan hias yang dipersembahkan membentuk miniatur Sampan Kajang sebagai ciri khas salah satu Suku Laut di Bintan. Dimana saat ini peradaban Suku Laut telah mengenal Islam dan bahkan menjadi penganut yang taat.

Tema ini juga menggambarkan bagaimana nenek moyang masyarakat melayu yang menyambut kehadiran Islam melalui jalur perairan. Baik melalui Gujarat India maupun saudagar dan Bangsawan Arab yang berlayar ke bumi Melayu.

"Arahan Bapak Bupati ingin menampilkan melayu yang ada di Bintan dan dibingkai dengan nuansa Islami. Sebab, melayu sendiri tidak bisa terpisah dari Islam," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bintan, Wan Rudi Iskandar yang menjadi pimpinan Kafilah.

Selain itu, Kafilah dari Bumi Segantang Lada ini juga menampilkan tari kreasi bertajuk "Ayo Mengaji" yang mengilustrasikan kebiasaan masyarakat melayu dahulu yang begitu akrab dengan mengaji. Tampak para penari menggambarkan bagaimana keceriaan anak-anak tatkala menunggu Tok Guru atau Tok Haji untuk mengajar mengaji.

Tak melupakan tradisi, barisan Bunga Telur dan Bunga Manggar juga semakin menyemarakkan peserta pawai. Ditambah lagi peragaan permainan rakyat seperti gasing, porok tempurung hingga engrang.

Tak ketinggalan, para penari Mak Yong juga tampil memeriahkan sepanjang barisan yang ingin menunjukkan salah satu kekayaan budaya asli Kabupaten Bintan. Kabupaten Bintan sendiri mengutus 15 peserta yang akan bertanding pada 8 cabang dari 10 cabang yang diperlombakan.





Media Center pada Selasa, 09 Mei 2023 12:15:18 | 185 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "