Pemkab Bintan Gelar Rapat Forum Komunikasi BPJS Kesehatan Semester I Tahun 2024






 

MC Bintan - Guna memaksimalkan program Universal Health Coverage (UHC) sehingga dapat memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Bintan. Pemerintah Kabupaten Bintan menggelar Rapat Forum Komunikasi BPJS Kesehatan Semester I Tahun 2024, Kamis (04/04) di Ruang Rapat Bawah Bapelitbang.

Dalam rapat tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, M. N. Andriansah menyampaikan perihal Kepesertaan JKN-KIS yang ditargetkan secara nasional harus mencapai angka 98% karena sudah menjadi program strategis nasional.

Disampaikan juga capaian UHC di Provinsi Kepri sudah mencapai 96,8% dan sudah mendapatkan penghargaan UHC pada tahun 2023. Sedangkan untuk Kabupaten Bintan sendiri hingga tanggal 1 April 2024 masih di angka 94,48% yang artinya masih berada di bawah batas minimum penetapan UHC. Diharapkan nantinya kepada Disdukcapil dapat bekerja sama dalam memberikan data terbaru terkait total penduduk di Kabupaten Bintan sehingga data penetapan UHC Kabupaten Bintan bisa diperbarui.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Ronny Kartika yang memimpin rapat tersebut menjelaskan perlunya kajian secara komprehensif bagaimana dinamika terkait UHC di Kabupaten Bintan. Sebab yang menjadi catatan selama ini tingkat partisipasi masyarakat dalam membayar iuran BPJS Kesehatan masih perlu disupport.

Kabupaten Bintan sendiri akan tetap mengcover kebutuhan penganggaran yang harus terselesaikan menuju cakupan 96%. Karena hingga saat ini kabupaten Bintan masih menunggu hasil audit BPK sehingga anggaran yang ada belum dapat digunakan.

Diharapkan juga kepada setiap instansi terkait dapat saling berkoordinasi dan bekerja sama sehingga data UHC di Bintan bisa mencapai target yang ditetapkan. Hasil akhirnya tentu supaya seluruh masyarakat bisa terjamin terkait pelayanan kesehatan.





Media Center pada Kamis, 04 April 2024 12:30:20 | 73 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "